E-Commerce dan E-Bussines
E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
E-Bussines
Business sebagai suatu system digambarkan melalui bagan di bawah ini :
Intranet : hanya untuk perusahaan
Extranet : melibatkan orang luar, seperti supplier
Relasi antara Intranet, Extranet dan Internet dapat digambarkan seperti bawah ini :
E-Bussines Markets dan Model
Perusahaan menggunakan internet untuk bisnis dengan commerce karena 2 alasan :
1. Karena perusahaan tersebut membutuhkan internet. Internet sebagai bagian dari perusahaan ( selalu online)
2. Karena perusahaan hanya menganggap internet sebagai tambahan saja, untuk mengembangkan perusahaannya tidak selalu online.
1. Karena perusahaan tersebut membutuhkan internet. Internet sebagai bagian dari perusahaan ( selalu online)
2. Karena perusahaan hanya menganggap internet sebagai tambahan saja, untuk mengembangkan perusahaannya tidak selalu online.
Bricks and Mortar à perusahaan tradisional yakni perusahaan yang dalam pengelolaannya tidak menggunakan internet.
Click and Mortar/Bricks and Clicks à istilah di mana perusahaan konvensional / perubahan tradisional berubah menjadi perusahaan yang bergerak dengan bantuan internet sebagai salah satu bagian perusahaan. ( Bisnis yang terkombinasi dengan internet)
“ Dot-coms” à bisnis yang hanya online dengan keuntungan dan perkembangan yang bagus
E-bussines environment
- Mengaktifkan bisnis model dengan melihat peluang dalam memanfaatkan kondisi pasar
- Tentunya kemanfaatan tersebut juga melihatekonomi bisnis, manager dan pangsa pasar dalam menggunakan internet.
- Mengaktifkan bisnis model dengan melihat peluang dalam memanfaatkan kondisi pasar
- Tentunya kemanfaatan tersebut juga melihatekonomi bisnis, manager dan pangsa pasar dalam menggunakan internet.
1. Informasi Pertukaran Ekonomi
Perusahaan dapat mengambil keuntunganakan kekayaan informasi yang didapat melalui internet. Biaya yang dikeluarkan sangat minimal, bahkan Rp 0, dan kekayaan akan didapat.
Ex : Bisnis pulsa melalui internet, tanpa biaya pulsa jika disbanding dengan bisnis pulsa melalui HP.
2. Konektivitas dan Interkativitas
2. Konektivitas dan Interkativitas
Jumlah orang yang mengakses internet dari tahun ke tahun semakin meningkat konektifitasnya pun dapat diketahui melalui tracking akses barang.
Ex : Pesan buku di internet dengan jasa TIKI, di internet kita dapat melihat sampai mana barang pesanan kita itu sampai. Apa sudah sampai rumah kita atau belum. Hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai interaksi pelanggan yang terkoneksi melalui internet.
3. Skala Jaringan Ekonomi (secara ekonomi).
3. Skala Jaringan Ekonomi (secara ekonomi).
Jaringan mempunyai efek lebih kuat dalam bidang ekonomi. Penekanan biaya bisa sampai hamper Rp 0.
4. Perubahan Kecepatan
4. Perubahan Kecepatan
Internet mempunyai proses transaksi yang cepat dan meningkatkan harapan pelanggan akan pelayanan melalui internet ( real time yakni respon, distribusi dan waktu pengiriman ).
5. Economics of abundance
Bagaimana kita memanage biaya dalam waktu-waktu pengiriman, lead time, distribusi
6. Pertukaran Merchandise ( Mervhandise of exchange).
5. Economics of abundance
Bagaimana kita memanage biaya dalam waktu-waktu pengiriman, lead time, distribusi
6. Pertukaran Merchandise ( Mervhandise of exchange).
Tampilan pada website setiap perusahaan yang menjual sehingga dapat menarik pelanggan serta membuat nyaman pelanggan untuk terus bertransaksi.
7. Prosumption ( Sebuah Istilah )
7. Prosumption ( Sebuah Istilah )
Dengan Internet dapat mempererat hubungan pelanggan dengan perusahaan
8. Konteks Secara Industri ( Industri Conntext)
Komunikasi antara industry dengan secara menyeluruh.
9. Communication Channel
8. Konteks Secara Industri ( Industri Conntext)
Komunikasi antara industry dengan secara menyeluruh.
9. Communication Channel
Jika inginmeningkatkan Industri tersebut maka kita harus membuat komunitas sebanyak banyaknya agar produk yang kita tawarkan bisa terkenal dengan mudah. Hal tersebut memudahkan perusahaan dalam menjual produknya.
Pertukaran informasi yang efisien antara pembeli dengan penjual yang paling penting serta menguntungkan, yakni dengan menawarkan melalui internet, contoh melalui chat, YM, Twitter, FB dsb.
10. Transactional Channel
10. Transactional Channel
Proses transaksi dapat dengan mudah dilakukan melalui internet yang tentunya juga meminimalisir biaya.
11. Distribution Channel
11. Distribution Channel
Perusahaan yang memproduksi produk produk digiatal dapat menggunakan internet sebagai salah satu channel untuk menawarkan persediaan secara instant secara signifikan untuk menekan biaya pengiriman.
E-Market Places
E-Market Places adalah Menyiapkan suatu tempat untuk transaksi.
Mengintegrasikan perusahaan dengan transaksi yang ada termasuk supply chain. Terdapat 3 tipe E-Market Places yaitu :
1. Public Exchanges à Bisnis apapun secara global ( B2B )
2. Consortium Exchange à Bisnis atau market place yang dimiliki oleh grup tertentu
3. Private Exchange à Market Places yang dimiliki perseorangan
1. Public Exchanges à Bisnis apapun secara global ( B2B )
2. Consortium Exchange à Bisnis atau market place yang dimiliki oleh grup tertentu
3. Private Exchange à Market Places yang dimiliki perseorangan
B2B ( Bussines to Bussines) :
- Buying and selling online à jual beli online
- Third Party Exchange à ada pihak ketiga yang memfasilitasi
- Cosortia menggabungkan beberapa perusahaan
- Buying and selling online à jual beli online
- Third Party Exchange à ada pihak ketiga yang memfasilitasi
- Cosortia menggabungkan beberapa perusahaan
E-Bussines Model
E-Bussines Model membahas tentang :
- Produk, bisnis dan informasi seperti apa ?
- Sumber pendapatan itu dari mana ?
- Keuntungan Customer buat apa ?
- Produk, bisnis dan informasi seperti apa ?
- Sumber pendapatan itu dari mana ?
- Keuntungan Customer buat apa ?
E-Bussines Model berhubungan dengan e-bussiness market à dari siapa untuk siapa. Model yang ada dalam E-Bussines adalah :
- B2B : e-shop
- B2B : e-auctions
- C2C : e-auction
- B2B : e-shop
- B2B : e-auctions
- C2C : e-auction
E-Marketing
Bagaimana e-tools mensupport marketing :
1. Identifying / Mengidentifikasi
2. Anticipating / Antisipasi
3. Satisfyng / Memuaskan
4. Profitably / Keuntungan
1. Identifying / Mengidentifikasi
2. Anticipating / Antisipasi
3. Satisfyng / Memuaskan
4. Profitably / Keuntungan
Berikut ini adalah gambar kerangka perencanaan untuk pemasaran :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar