PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
OOP : Dalam sebuah pemrograman pola pikirnya adalah objek.
Potongan program dipandang sebagai objek.
a. Data
Data dipandang sebagai :
1. Identitas
2. Informasi
b. Operation
Operation dipandang sebagai :
1. Perilaku
2. Kemampuan
3. Proses
Paradigma dasar ( pilar-pilar ) Pemrograman Berorientasi Obyek :
1) Abstraction
- Proses filtering
- Bagaimana membawa konsep objek dalam kehidupan nyata menjadi objek dalam dunia pemrograman
2) Encapsulation
3) Inheritance ( Pewarisan )
- Bahwa sebuah class dapat diturunkan menjadi class yang lain
- Class juga bisa menjadi turunan dari class yang lain
Contoh :
- Single Parent Inheritance : bahwa sebuah class hanya memiliki 1 turunan class
- Semua sifat induk diwariskan ke dalam class anaknya
Dalam class terdapat :
- Class merupakan blue print yang mendefinisikan variabel dan method yang mendukung object ( class merupakan blue print dari object)
- Object merupakan instant dari class
Contoh :
Class à perempuan
Object à Jane , Maria, Vivi
- Access Modifier merupakan pengaturan hak akses class maupun method
Access Modifier ada 4 yaitu :
1. Private : hanya dapat diakses oleh class itu sendiri
2. Protected : Tidak dapat diakses di manapun kecuali oleh method-method yang ada dalam kelas itu sendiri
3. Package : masih boleh diakses oleh class lain asalkan masih dalam 1 folder
4. Public bisa diakses di class manapun
4) Polymorphism
Polymorphism mempunyai makna sesuatu yang memiliki banyak bentuk yaitu memiliki nama sama, tetapi memliki kelakuan ( behaviour ) yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar